Kalau mau naik kelas, harus lulus ujian dulu

Telah menjadi ketentuan umum, untuk bisa naik kelas, naik pangkat, naik apapun itu, butuh syarat yang harus dipenuhi ataupun ujian yang harus dilalui .

Ambil contoh naik kelas, setiap siswa terlebih dahulu harus dinyatakan LULUS UJIAN. Jika siswa gagal ujian, maka sudah barang tentu dia akan tetap berada di kelas yang sama, alias -tidak naik-.

Aku jadi terfikir ...oh, berarti kalau gitu , jika aku ingin naik kelas di hadapan Sang Pencipta, maka aku pun harus lulus ujian dulu..
Ujian yang tidak lain untuk memperlihatkan seberapa besar nilai kelayakan seorang hamba untuk akhirnya naik kelas.
Sejenak aku merenung, mencoba mengingat-ingat, kiranya 'soal ujian' apa yang pernah tersaji dalam kehidupanku. Oh tidak, setelah aku buat daftar soal, kenapa banyak sekali soal yang mengarah ke pokok bahasan yang sama..benar2 inti tema yang sama, memang kemasan soal ini nampak berbeda namun intinya tetap sama..

Aku terdiam, apakah ini karena aku memang belum pernah menyelesaikan soal2 yang serupa itu dengan baik hingga mendapat nilai layak untuk beralih ke soal dengan tema berbeda? yang berarti pula aku masih berada di kelas yang sama :(

Hmmm,,oke, baiklah, skr aku akan berusaha dengan keras, penuh semangat, tanpa keluhan untuk coba selesaikan soal yg bertema serupa tadi itu, aku mau lulus dengan nilai baik..limpahkan Kasih dan Sayang-Mu Ya Rabb, hingga aku dengan riang mengerjakan soal ini, agar aku selalu sadar bahwa soal ujian ini adalah pertanda Kasih-Mu padaku, karena Engkau telah siapkan hadiah saat aku bisa selesaikan soal dengan baik.

Jika demikian, skr saatnya aku berucap syukur, Alhamdulillah...
Terimakasih Ya Rabb, atas soal yang telah Engkau sajikan padaku, soal ujian yang sejatinya adalah proses yang harus aku lalui jika aku benar inginkan kenaikan kelas itu..

* Aku berkata pada diriku : Ican, tekad kuat saja tidak cukup, usaha sungguh-sungguh dan kesempurnaan do'a itu yang harus kamu lakukan.

0 comments:

Posting Komentar

Halaman

Teman I-Can

Ingin Menyapa?